PENYULUHAN HUKUM

Ahmad Zulfikar 26 Januari 2018 19:59:16 WIB

KEGIATAN PENYULUHAN HUKUM DARI KEPOLISIAN DAN KEMENAG KLU YANG DISELENGGARAKAN PEMUDA KARANG TARUNA DESA MUMBUL SARI

Kegiatan penyuluhan hukum yang terkait dengan KDRT dan hukum pernikahan terutama yang dibawah umur dilakukan di aula kantor Desa Mumbul Sari. Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Karang Taruna Desa Mumbul Sari dan didukung sepenuhnya oleh pemerintah Desa Mumbul Sari

Dalam kegiatan tersebut Ketua Karang Taruna Desa Mumbul Sari “Iskandar Zaelani” menyampaikan beberapa hal terkait kegiatan tersebut diantaranya Ia berterima kasih kepada pemerintah desa khususnya Kepala Desa Mumbul Sari yang telah mendukung sehingga terlaksananya kegiatan tersebut. Ia juga menyampaikan harapan dengan diadakannya kegiatan penyuluhan hukum ini dapan menambah pemahaman kita masyarakat terhadap hukum yang ada dan berlaku saat ini lebih khususnya kepada kepala dusun agar disampaikan kepada warganya di masing-masing wilayahnya.

Pemerintah Desa Mumbul Sari dalam hal ini disampaikan oleh Kepala Desa Mumbul Sari Haji Sawaludin. Beliau menyampaikan terima kasih kepada Karang Taruna Desa Mumbul Sari karena telah diadakannya kegiatan penyuluhan hukum tersebut. Beliau juga menyampaikan dukungan sepenuhnya terhadap apapun kegiatan yang dilakukan oleh Karang Taruna Desa Mumbul Sari atau siapapun selama itu bersifat membangun desa kita bersama.

Penyampaian materi terkait Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) disampaikan oleh Kapolsek Bayan “Made Sukadana”. Dalam penyajian materinya beliau banyak memaparkan materi terkait dengan KDRT dimana KDRT ini sangant sering terjadi dan sering aparat kepolisian sering menangani hal-hal yang berkaitan dengan KDRT tersebut. Beliau juga berpesan kepada para peserta yang hadir khususnya kepala dusun agar turut membantu pihak kepolisian dalam menangani  masalah-masalah terkait KDRT maupun masalah-masalah hukum yang lain. Salah satu contoh misalnya ada warga yang mengalami masalah KDRT yang dimaksud agar dihimbau kepada warganya untuk tidak langsung dilaporkan ke kepolisian. Sebelum dilaporkan ke kepolisian silahkan kepala dusun untuk diselesaikan secara kekeluargaan di tingkat dusun ataupun desasebelum dilimpahkan ke kepolisian, kami bersyukur dan senang  jika masalah tersebut bisa selesai  secara kekeluargaan imbuh beliau.

Dari Kantor Urusan Agama (KUA) menyampaikan beberapa materi terkait hukum pernikahan, dalam hal ini khususnya pernikahan di bawah umur. Beliau menyampaikan bahayanya menikah di bawah umur terutama kepada pihak-pihak yang menikahkan pasangan di bawah umur. Pernikahan di bawah umur itu dapat berdampak terhadap kedua pasangang tersebut dikemudian hari, karena akan berurusan dengan hukum negara karena telah menikahkan seseorang di bawah umur yang tidak sesuai dengan aturan yang berlaku, yaitu tidak melalui pengadilan secara resmi.

Demikian pemaparan singkat terkait kegiatan penyuluhan hukum yang diselenggarakan oleh para pemuda Karang Taruna Desa Mumbul Sari. Semoga bermanfaat.

 

Komentar atas PENYULUHAN HUKUM

Ady Sopian, S.Pd. 03 Mei 2018 08:59:08 WIB
thanx kawan
imam zamzuri zaen, S.Pd 23 Maret 2018 13:22:40 WIB
mantab pak
Ady Sopian, S.Pd. 09 Februari 2018 08:59:38 WIB
terima kasih atas komentarnya. Harapan dari pemuda desa khususnya karang taruna juga seperti itu agar pengetahuan masyarakat tentang hukum bisa lebih luas.
aria 28 Januari 2018 21:40:26 WIB
Kalau bila perlu setiap bulan di adakan peyuluhan dari desa.

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Mumbul Sari

tampilkan dalam peta lebih besar